SPONSOR

Tunggu tutorial dan artikel-artikel tentang pemrograman java.Tersedia juga project dan aplikasi buatan sendiri.Hanya di Sage Java !!

Fitur-fitur canggih dalam java



Tak bisa dipungkiri saat ini banyak aplikasi yang dibangun menggunakan bahasa pemrograman java. Java adalah Bahasa Pemrograman pertama yang secara murni mengimplementasikan konsep pemrograman Berorientasi Objek (Object Oriented Programming).Java mengunakan pemrograman berorientasi objek yang membuat program dapat dibuat secara modular dan dapat dipergunakan kembali. Pemrograman berorientasi objek memodelkan dunia nyata kedalam objek dan melakukan interaksi antar objek-objek tersebut. Selain itu java juga menyediakan fitur-fitur yang canggih seperti Java Virtual Machine dan Garbage Collection. Lalu, apa itu yang dimaksud dengan Java Virtual Machine dan Garbage Collection ?
 JVM adalah sebuah mesin imajiner (maya) yang bekerja dengan menyerupai aplikasi pada sebuah mesin nyata. JVM menyediakan spesifikasi hardware dan platform dimana kompilasi kode Java terjadi. Spesifikasi inilah yang membuat aplikasi berbasis Java menjadi bebas dari platform manapun karena proses kompilasi diselesaikan oleh JVM.Aplikasi program Java diciptakan dengan file teks berekstensi .java. Program ini dikompilasi menghasilkan satu berkas bytecode berekstensi .class atau lebih. Bytecode adalah serangkaian instruksi serupa instruksi kode mesin. Perbedaannya adalah kode mesin harus dijalankan pada sistem komputer dimana kompilasi ditujukan, sementara bytecode berjalan pada java interpreter yang tersedia di semua platform sistem komputer dan sistem operasi.

Sedangkan garbage collection berarti program tidak perlu menghapus sendiri objek–objek yang tidak digunakan lagi. Fasilitas ini mengurangi beban pengelolaan memori oleh programmer dan mengurangi atau mengeliminasi sumber kesalahan terbesar yang terdapat pada bahasa yang memungkinkan alokasi Dinamis. Fitur ini terbilang langka dan sulit menenmukannya di bahasa pemrograman lain. Fakta juga membuktikan bahwa Java adalah bahasa pemrograman yang paling diminati dari tahun ke tahun dibandingkan dengan bahasa pemrograman lain.

Fakta juga membuktikan bahwa Java adalah bahasa pemrograman yang paling diminati dari tahun ke tahun 
dibandingkan dengan bahasa pemrograman lain.


Bagaimana? apakah anda tertarik mempelajari Bahasa Pemrograman Java ? Sebenarnya masih ada lagi fitur yang dimiliki Java yaitu Code Security. Fitur ini akan saya bahas pada artikel saya selanjutnya. 


Categories:

2 Responses so far.

  1. Unknown says:
    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Leave a Reply